Thursday, May 16, 2013

Network Administrator, Profesi yang Tidak Sekedar Urusan Administrasi

Imanuel Susanto (682011001), Dewi Satria Larinse (682011022), 
Reni Afiandari (682011015), Bernhard Ardhian Alphama (682011604), 
Kardia Ivana (682011023)

Menurut Wikipedia, Administrator adalah orang yang bertugas mengurus hal – hal yang bersifat administratif, istilah administrator juga digunakan dalam jaringan komputer dan internet. Istilah kerennya sebagai admin. Admin memiliki kewenangan dalam mengendalikan suatu jaringan komputer. Dapat disimpulkan bahwa network administrator adalah sebuah pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi komputer dan juga internet. Pekerjaan ini sangat dibutuhkan bagi perusahaan maupun instansi untuk mendukung kelancaran dalam proses pekerjaan. Pekerjaan ini berkecimpung dalam bidang teknis jaringan komputer sampai pada troubleshooting-nya. Pada intinya administrator network bertugas mengelola serta menjaga seluruh sumber daya pada sistem jaringan agar kinerja jaringan lebih efektif dan efisien dilihat dari fungsi, struktur dan keamanan jaringan itu sendiri.

Pekerjaan seorang network administrator bisa dikatakan pekerjaan yang memerlukan keahlian khusus karena ada beberapa hal umum yang harus di kuasai antara lain yaitu :

  • Pengetahuan dasar tentang komputer teori maupun praktek, hal ini sangat penting karena seorang administrator harus mampu mengetahui kerja sistem computer dengan baik. Termasuk di dalamnya adalah basic hardware networking, basic IP dan Subnetting , technology switching,  routing dll. 
  • Pengetahuan tentang berbagai perangkat keras yang terkait dengan Jaringan seperti : repeater, hub , switch, router, antena dll
  • Selain kemampuan secara teori maupun praktek yang harus di kuasai dengan baik adalah memiliki etika profesional, karena tanpa etika dan sikap seseorang profesioanal yang baik maka semua kemampuan yang dimiliki tidak banyak mempunyai arti. 

Dalam menjalankan pekerjaan sebagai seorang network administrator memang tidak mudah selain harus mempunyai pengalaman dan ijasah formal juga harus didukung dengan program sertifikasi untuk mendukung beberapa hal antara lain yaitu :

  • Memberi cara yang standart dan terukur untuk mengukur kemampuan teknis. 
  • Adanya pengakuan secara global baik pemerintah maupun swasta tentang tingkat kemampuan seseorang terhadap sebuah profesi 
  • Memperoleh peningkatan karier dan pendapatan 
  • Adanya pengakuan organisasi profesi sejenis
  • Membuka akses lapangan pekerjaan 
  • Pekerjaan IT Membutuhkan expertise


Organisasi profesi adalah suatu organisasi yang mengatur dan melakukan standarisasi kualitas, menetapkan prinsip-prinsip profesionalisme dan menciptakan kepercayaan atas hasil kerja profesi di masyarakat. Dalam menjalankan sebuah profesi atau pekerjaan, tentunya ada wadah yang menjadi tempat untuk mengembangkannya sehingga profesi yang mereka jalankan akan lebih di kenal oleh masyarkat luas.

Dalam  sebuah pekerjaan atau profesi diperlukan suatu aturan yang jelas sehingga dalam menjalankannya tidak akan keluar dari jalur atau aturan yang telah di tentukan sebelumnya. Seperti halnya dengan kode etik profesi jika kita amati dari pengertian kode etik terdiri dari dua kata yaitu kode dan etik. Pengertian dari kode sendiri adalah kumpulan sandi, buku, undang-undang dan kata yang disepakati dalam lalu lintas telegrafi serta susunan prinsip hidup dalam masyarakat. Sedangkan pengertian etik adalah moral filosofi, ajaran kesusilaan.

Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian kode etik adalah sistem norma, nilai dan aturan profesional tertulis yang secara tegas menyatakan apa yang benar dan baik serta apa yang tidak benar dan juga tidak baik bagi profesional yang menjadi anggota dari sebuah organisasi profesi itu sendiri. Jadi kesimpulan terakhir yang dapat dimbil yaitu pelaku profesi dapat menjalankan tugas dan kewajiban serta memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada pemakai jasa profesi tersebut. Jadi dalam kasus ini dapat dikategorikan sebagai sebuah profesi dan sekaligus pekerjaan.

Referensi :
http://ysechagoes.com/29/network-administrator
http://forum.detik.com/share-pengalaman-memulai-menjadi-seorang-network-administrator
http://ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2013/01/Ilmu-komputer-Sertifikasi-Jaringan.pdf
http://forevereny.wordpress.com/2012/11/06/sertifikasi-di-bidang-it/
www.ittelkom.ac.id/


No comments:

Post a Comment