Friday, May 17, 2013

Seluk Beluk Profesi Programmer

Randy, Aprila Junginger, Julianto Eko Putra

Gambaran Umum Programmer

Programer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan system analis, yaitu membuat program ( baik aplikasi maupun system operasi ) sesuai system yang dianalisa sebelumnya.
Programmer, memiliki 3 tingkatan yaitu :

  • Supervised (terbimbing). Tingkatan awal dengan 0-2 tahun pengalaman, membutuhkan pengawasan dan petunjuk dalam pelaksanaan tugasnya.
  • Moderately supervised (madya). Tugas kecil dapat dikerjakan oleh mereka tetapi tetap membutuhkan bimbingan untuk tugas yang lebih besar, 3-5 tahun pengalaman 
  • Independent/Managing (mandiri). Memulai tugas, tidakmembutuhkan bimbingan dalam pelaksanaan tugas.

Syarat-syarat Menjadi Programmer

Persiapan Menjadi Programmer

  • Menguasai dasar teknologi informasi, harus mengetahui apa dan bagaimana sistem komputer, apakah program dan apa manfaat dibuatnya sebuah program tersebut. Harus memperlajari bagaimana menggunakan internet karena internet sangat penting sebagai salah satu wahana mencari informasi ketika belajar pemrograman, selain buku referensi tentunya.
  • Kemampuan yang diperlukan, tidak perlu mahir dalam pemrograman, namun harus memiliki semangat dan obsesi yang tinggi dalam belajar dan menekuni profesi programmer komputer, sehingga semua kesulitan belajar tidak akan menjadi penghalang yang berarti. Tidak akan mudah putus asa, tidak mudah stres dan tidak mudah berhenti belajar pemrograman ditengah jalan apabila mengalami sesuatu yang tidak mengenakkan.

Syarat  Programmer

  • Memahami konsep dasar sistem operasi. Kebanyakan dari programmer Indonesia biasanya membuat aplikasi di atas sistem operasi, sehingga banyak yang berpendapat bahwa tidak perlu memahami cara kerja sistem operasi.
  • Memahami konsep dasar jaringan. Sebuah aplikasi tidak dapat berjalan sendiri. Aplikasi tersebut pasti harus berhubungan dengan internet, melayani banyak pengguna
  • Memahami konsep dasar relational database. Setiap aplikasi pasti memiliki sebuah database dalam penyimpanan datanya untuk itu programmer khususnya Database Programmer ditekankan menguasai relational database.
  • Karena sekarang jaman internet, maka wajib memahami protokol HTTP, FTP, POP3, SMTP, SSH. Protokol HTTP sekarang adalah protokol yang paling banyak digunakan di internet.
  • Karena sekarang jaman globalisasi, maka wajib memahami Unicode. Unicode itu penting supaya aplikasi kita tetap bisa diinstal di komputer mana saja.
  • Lebih dari satu bahasa pemrograman. Pemahaman lebih dari satu bahasa itu penting agar wawasan programmer lebih terbuka. Bahwa tidak ada bahasa yang one-fit-all.
  • Cara menggunakan Version Control. Dalam dunia kerja, penggunaan version control adalah wajib. Ini standar (de facto) internasional. Jika mempunyai project opensource, baik di Sourceforge, Apache, Codehaus, dan semua hosting project opensource, pasti programmer akan diberikan version control.
  • Memahami kode sumber yang ditulis sendiri pada saat ia tidak lagi mengingat detail mekanisme dari program tersebut.
  • Melanjutkan pengelolaan, menyesuaikan, mengembangkan dan (bila perlu) merombaknya untuk menyesuaikan program dengan kebutuhan pengguna tanpa mengorbankan kemudahan perawatan di masa mendatang.
  • Membaca program untuk memperkaya perkakas yang dimiliki seorang programmer untuk memecahkan masalah. Menguasai logika dan algoritma pemrograman
  • Menguasai bahasa pemrograman.
  • Memahami SQL dan Menguasai bahasa inggris IT.

Belajar programmer harus memiliki disiplin serta keahlian khusus karena tidak semua orang bisa dengan benar-benar menguasai pekerjaan tersebut. Karena Programming adalah ilmu yang termasuk sulit untuk dipelajari jadi membutuhkan banyak pengalaman serta ketrampilan tertentu untuk bisa menjadi seorang programmer.

Sertifikasi yang harus dilakukan agar seseorang menjadi Programmer.

Sertifikasi programmer, sertifikasi memiliki beberapa manfaat diantaranya membantu melihat kompetensi dari seorang programmer dan dapat dijadikan sarana pengujian diri untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dan kompetensi yang dimiliki. Sebelum menjadi seorang programming otomatis kita akan belajar menguasai bahasa pemograman terlebih dahulu dan memiliki sertifikat bahasa pemograman.

Sertifikasi Untuk bahasa Pemrograman

1. Java (Oleh Sun)

  • Sun Certified Programmer adalah sertifikasi paling dasar dari sun untuk programmer java. Untuk dapat menjadi seorang Certified java programmer, kita harus lulus ujian Sun.
  • Sun Certified Developer adalah anak tangga selanjutnya dari sertifikasi Sun. Kita mungkin berpikir hanya perlu sekali lagi mengerjakan soal-soal pilihan ganda untuk menjadi seorang Certified dava Developer, tetapi sun menuntut lebih banyak dalam ujian untuk jenjang ini.
  • Untuk sertifikasi SCJD selain harus sudah memiliki sertifikat SCJP, kita harus menyelesaikan tugas pemograman yang dirancang untuk menguji aplikasi ketrampilan java kita dalam menghadapi sersoalan dunia maya. Untuk ujian tugas pemograman ini kita harus membayar biaya US$ 250.
  • Sun certified Web Compenent Developer (SCWCD)
  • Sun certified business component developer (SCBCD)
  • Sun certified Developer for java web services (SCDJWS)
  • Sun certified Mobile application developer untuk platform J2ME (SCMAD)
  • Sun certified enterprise Architect for J2EE adalah sertifikat premium dari Sun. sebagaimana dicerminkan oleh namanya setifikat ini sangat berfokus pada enterprise. Ini berarti pemegang sertifikat ini dapat menangani pengembangan aplikasi berskala besar dangan tingkat availability yang tinggi.untuk mendapatkannya kita harus memiliki kedua sertifikasi SCJP dan SCJD.


2. Microsoft.Net (Oleh Microsoft)

  • Microsoft Certification Application Developer (MCAD). MCAD ditunjukan untuk mereka yang lingkup pekerjaannya meliputi pengembangan aplikasi,komponen,atau layanan database dan jaringan berskala kecil sampai menengah pada platform Windows.
  • Microsoft Certified Solution Developer (MCSD). Sertifikat MCSD merupakan salah satu sertifikat TI dengan reputasi yang dikenal baik di kalangan industry. Dengan mengantongi sertifikat MCSD, seseorang dianggap telah mampu mendemontrasikan kemampuan yang dibutuhkan untuk memimpin sebuah organisasi dalam proses perancang,implementasi, dan adminitrasi dari suatu solusi bisnis dengan menggunakan produk Microsoft.

Kesimpulan

Pekerjaan Programmer merupakan “sebuah profesi” karena Profesi programmer adalah profesi yang paling sering terdengar, dimana profesi ini sudah ada sejak diciptakannya komputer itu sendiri. Profesional dalam bidang software development dan consulting umumnya pernah meneliti karir sebagai seorang programmer. Keahlian dalam algoritma dan penguasaan terhadap salah satu atau beberapa bahasa memprogramkan mutlak diperlukan oleh seorang programmer. Pekerjaan Programmer adalah profesi inti dan tulang punggung dalam software development karena tidak akan terwujud sebuah software aplikasi tanpa adanya programmer, sedangkan tanpa didukung oleh profesi lainnya,seorang programmer dapat membuat aplikasi yang berguan walaupun dengan cukup terbatas

1 comment: