Friday, May 17, 2013

Web Desainer, Profesi yang Memerlukan Cita Rasa Seni

Dendy Prasma Putra ( 682011011 ), Ery Wijaya Sembiring ( 682011046 ) 
Alden Hariyanto ( 682012033 ), Guntur Widyatmoko Adi ( 682011053 ) 
Heri Indrianto ( 682011032 ) 

Pengertian dari Web Designer itu sendiri menurut kami adalah seni dan proses dalam menciptakan halaman web tunggal atau keseluruhan dan bisa melibatkan estetika dan seluk beluk mekanis dari suatu operasi situs web walaupun yang utama memusatkan pada tampilan dan cita rasa. Sedangakan aspek yang mencangkup pada design web antara lain menciptakan animasi dan grafik, pemilihan warna ,grafik dan font.

Syarat seorang Web Desainer

1. Penguasaan cita rasa seni.
  • Mengeksplorasi Imajinasinya dan menggali cita rasa seninya yang dituangkan kedalam halaman web.
  • Mampu memilih warna yang baik dan memadukannya dengan warna yang lainsehingga menciptakan pepaduan warna yang serasi.
  • Mampu membuat bentuk atau skeysa yang baik dari bentuk  halaman web.
  • Mampu menggabukan imajinasi atau ide original dan menggabungkannya dari pihak client.
  • Mampu menempatkan komponen multimedia pada bagian-bagian tertentu sehingga halaman web lebih menarik.
2. Penguasaan tool pendukung perancangan web.
  • Program aplikasi pengatur layout web-Macromedia dreamweaver,Ms.Frontpage,edit plus,php dll.
  • Program aplikasi pembuat animasi-Macromedia Flash ,Swish.
  • Program aplikasi pembuat design grafis-Photoshop, Corel ,Paint dll.
3. Penguasaan membuat Interface
4. Penguasaan Bahasa pemrograman

Sertifikasi yang dibutuhkan untuk mendukung pekerjaan tersebut

Menurut dari kelompok kami itu ada sertifikasi di Bidang Computer, Graphics Web dan Multimedia dll untuk seseorang yang ahli di bidang grafis dan animasi 3D dengan menguasai aplikasi Maya. Maya mengintegrasikan teknologi render tingkat lanjut, visual effect, animasi, dan modeling yang banyak digunakan developer, maupun Web Designer dalam pembuatan film, game, maupun content Web yang banyak menggunakan animasi 3D.

Certified Internet Web Master ( CIW ) adalah sertifikasi yang menguji penguasaan dasar teknologi Internet, seperti Web browser, FTP dan e-mail, Web page authoring menggunakan XHTML, dasar-dasar infrastuktur jaringan, dan manajemen proyek. Sertifikasi ini ditujukan bagi mereka yang bekerja sebagai business development, advertising, dan sales.
 
Menurut dari kami itu ada yang sejenis dari profesi ini contohnya saja dalam profesi di bidang ilmu teknologi Jaringan yang memiliki nama sertifikat Cisco Certified Designing, mengapa kami menyamakan dengan profesi jaringan karena keduanya ini memiliki kesamaan dalam konteks ilmu teknologi dunia maya yang sama-sama saling mendukung & teknologi dalam infrastrukturnya saling terintergrasi

Kode Etik Profesi 

Menurut kami itu ada kode etik dalam profesi Web Designer ini yaitu Kode Etik / bisa disebut sebagai pembuatan dalam Web / baik yang menggunakan Web dalam konteks Moral dan Etika di dalam, yang dimaksud kami disini yaitu dimana baik programer yang membuat Web Project Designer dan programer-programer lainya agar tidak membobol data di dalamnya / menyamakan dalam we yang sudah dibuat programer sebelumnya yang sudah terdahulu ( disebut plagiat ).

Kesimpulan

Menurut dari kelompok kami Web Designer merupakan sebuah profesi dari seseorang yang bekerja & memiliki skill keahlian khusus dalam pembuatan Desain Pengembangan Web Dunia sekarang saat ini,juga profesi ini dapat menguntungkan & mendapatkan hasil yang cukup signifikan, saat ini sebagai seseorang mengembangkan Web Designer dalam perkembangan IT dalam Internet bisa menjanjikan peluang bisnis di dalamnya yang cukup besar & sangat menguntungkan bagi Web Programernya itu sendiri.

Sumber Referensi Kami :


No comments:

Post a Comment